Berawal dari Hobi, Raup Jutaan Rupiah

Dibesarkan di tengah keluarga dengan ekonomi yang cukup, ternyata tidak membuat gadis 22 tahun ini dimanjakan berbagai fasilitas. Keinginan untuk mandiri sudah tumbuh sejak masih sekolah. Hingga kemudian dorongan itu makin kuat saat menempuh studi di puerguruan tinggi. Akhirnya keputusan untuk menjadi wirausaha sejak masih mahasiswa, menguras tabungannya yang tidak seberapa.

Dengan uang jajan dari orang tua yang dikumpulkan sedikit demi sedikit, diam-diam dia jadikan modal usaha. Berbekal tabungan satu juta rupiah, putri pertama pasangan Mustaqin (49) dan Tri Wuryati (43) ini memulai usaha penjualan aksesoris dan kosmetik. Berawal dari hobi dengan produk-produk itu, di luar perkiraan ternyata bulan pertama memulai usaha, dia bisa mendapatkan keuntungan hingga 500 ribu rupiah.

Bermula dengan teman-temannya yang menjadi konsumen, kini konsumennya sudah dari berbagai wilayah di Indonesia. Dia adalah Mustika – panggilan akrab Dewi Mustikasari alumni MAN Purworejo yang belum lama ini juga menyandang status sebagai alumni D3 Administrasi Bisnis Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kutoarjo.

Gadis cantik yang tinggal di jalan Pramuka Purworejo ini mengungkapkan bahwa banyak teman-temannya yang suka dengan aksesoris, perlengkapan dan kosmetik yang dia pakai. Bermula dari itu Mustika dua tahun lalu menangkap peluang untuk memulai usaha. Ketika ditanya mengenai kegiatan usahanya, alumni POLSA yang hobi menyanyi ini menceritakan bahwa dia memasarkan produknya secara online.

“Saya menggunakan beberapa laman online shop rekening bersama. Selain itu juga lewat instagram. Dengan followers yang sudah mencapai 6000, saya juga menjadi endorse beberapa produk,” ungkap kakak dari Debita (11) ini.

Setelah berjalan dua tahun, kini gadis yang juga pintar memasak itu telah memiliki omset hingga jutaan rupiah per bulan. “Alhamdulillah saya sekarang bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp7juta per bulan,” tambah penyuka warna ungu ini.

Mengenai jurus jitu bisnisnya, Mustika mengungkapkan bahwa promosi menjadi hal yang sangat penting. “Selama kuliah di D3 Administrasi Bisnis Polsa, saya mendapatkan banyak ilmu mengenai bisnis, administrasi dan bagaimana mengelola usaha. Pengelaman Itu saya terapkan di bisnis saya,” ulasnya.

“Saya dituntut untuk jeli melakukan promosi, apalagi dengan dukungan teknologi informasi saat ini. Saya juga harus jeli menangkap keinginan maupun kebutuhan konsumen,” jelasnya sambil menambahkan bahwa dalam bisnis harus selalu memperluas relasi menjaga kepercayaan konsumen.(*)

Related posts

Leave a Comment