Capaian Pembelajaran

SIKAP DAN TATA NILAI

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral, etika, sikap/perilaku dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan  lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep administrasi, kesekretariatan, kearsipan dan manajemen kantor dengan pengetahuan dan teknologi terkini untuk penyelesaian kegiatan perkantoran dan komponen pendukungnya.
  2. Menguasai konsep dan prinsip  perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengendalian dalam fungsi operasional perkantoran serta fungsi-fungsi operasional manajemen lainnya seperti: manajamen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajamen produksi, dan manajemen keuangan.
  3. Menguasai konsep tentang prosedural dan operasional kantor serta prinsip dan tata kerja peralatan kantor secara umum pada level operasional dalam organisasi bisnis.
  4. Menguasai konsep dan prinsip pengambilan keputusan secara tepat berdasarkan data dan informasi dalam memilih alternatif secara mandiri maupun berkelompok.
  5. Menguasai pengetahuan tentang teknik berkomunikasi bisnis dan perkantoran.
  6. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) dan perkantoran modern.
  7. Menguasai konsep teoritis tentang pelayanan prima dan public relation.
  8. Menguasai konsep umum jenis regulasi bisnis lokal, nasional, regional dan global.

 KETRAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan bisnis sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang administrasi bisnis; beserta fungsi-fungsi operasional manajemen lainnya seperti: pemasaran, sumber daya manusia, produksi, keuangan, pelayanan pelanggan dan public relation dengan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  2. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada administrasi bisnis yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam bidang bisnis;
  3. Mampu mengambil keputusan, dan melaksanakan supervisi maupun evaluasi secara tepat pada pelaksanaan administrasi dan pengelolaan bisnis;
  4. Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovasi dalam pekerjaannya dan memelihara serta mengembangkan jaringan kerjasama di dalam maupun di luar lembaganya;
  5. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan bisnis tanggungjawabnya;
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja dibawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu melakukan fungsi dan tugas administrasi seperti membuat naskah/dokumen kantor, lembar kerja, bahan presentasi secara cepat dan tepat dengan software terkait.
  2. Mampu mengelola surat/dokumen kepada yang dituju, pengarsipan surat/dokumen dalam lingkup yang terbatas sesuai dengan sistem arsip yang digunakan dan menjaga kerahasiaan surat/dokumen.
  3. Mampu menerima dan meneruskan telepon masuk kepada yang dituju, menerima dan mengantar tamu kepada orang yang dituju sesuai dengan etika kantor.
  4. Mampu merencanakan, mengelola rapat dan membuat dokumen rapat, baik rapat rutin atau pun rapat incidental.
  5. Mampu membantu pimpinan di dalam merencanakan dan mengorganisir agenda kegiatan pimpinan baik yang sifatnya rutin dan insidental
  6. Mampu mengelola perjalanan dinas pimpinan seperti persiapan dokumen perjalanan, transportasi dan akomodasi perjalanan, serta membantu pimpinan dalam membuat laporan perjalanan dinas
  7. Mampu dan terampil dalam menggunakan beberapa jenis software serta kemampuan menganalisis informasi dan data dengan menggunakan internet untuk mendukung pekerjaan administratif secara efektif dan efisien
  8. Mampu melakukan komunikasi efektif dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis untuk berbagai kegiatan dalam bisnis.
  9. Mampu memberikan pelayanan kepada pelanggan internal maupun eksternal, serta kemampuan memimpin dan meningkatkan kinerja sebuah tim.
  10. Mampu mengelola kas kecil dan menyusun laporan keuangan sederhana secara berkala.
  11. Mampu menggunakan peralatan dan teknologi perkantoran serta bisnis modern berdasarkan standar operasional prosedur untuk mendukung kegiatan pada bidangnya.
  12. Mampu melaksanakan kegiatan dalam pengelolaan pemasaran dan public relation yaitu : mengidentifikasi elemen pemasaran, penulisan bisnis (business writing), pendekatan kepada calon pelanggan potensial, keterampilan penjualan, menangani keluhan dan pelayanan pelanggan, riset bisnis, dan melaksanakan event.
  13. Mampu mengindentifikasi peluang usaha, merancang kegiatan usaha dan mengoperasionalkan usaha.