LULUSAN PAKET C, CIPTAKAN LAYANAN INFORMASI BERBASIS ANDROID

Tinggal di desa Kalimeneng Kemiri, pemuda kelahiran 22 tahun lalu ini hampir tak jauh berbeda dengan sebayanya. Apalagi lokasi yang relatif jauh dari hiruk pikuk keramaian, semakin membuatnya memiliki kesibukan yang tidak terlalu menonjol. Bahkan dengan status berpindah SLTA dua kali dan hanya lulus Program Paket C, menjadikannya nampak tak ada yang istimewa.

Namun siapa sangka dari anak pasangan Sisnoto dan Istikhomah ini justru muncul karya yang istimewa. Berawal kesukaan di depan laptop, telah mengantarkannya Seto memiliki kemampuan yang berbeda dari rekan sebayanya. Dia berhasil menciptakan aplikasi layanan informasi berbasis android. “Dengan push notification maka aplikasi ini memudahkan penyebaran informasi. Tak perlu lagi menguras pulsa. Secara otomatis, telepon pintar yang telah terinstal aplikasi ini, akan dapat menerima layananinformasi push notification setiap saat,” urai pemuda yg selalu ‘kepo’ dalam teknologi informasi dan komunikasi ini.

Dia adalah Nurseto Hidayat, yang saat ini sedang menuntaskan studi Diploma III Administrasi Bisnis di Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kutoarjo. Saat ditemui di kampus terpadu Polsa Kutoarjo, Seto menuturkan bahwa dia sering merasa ‘gregetan’ saat mendapati berbagai layanan informasi di instansi atau kantor masih banyak menggunakan media konvensional. “Pelayanan humas kebanyakan masih menggunakan papan pengumuman dan sejenisnya. Padahal sekarang sudah jaman teknologi informasi. Oleh karena itu dengan bimbingan Dosen dan ketrampilan otodidak, saya berusaha mengembangkan aplikasi layanan informasi berbasis android ini,”ungkap Seto sembari menambahkan bahwa karyanya saat ini diuji coba di kampus Polsa Kutoarjo.

Secara terpisah, Dosen Pembimbing sekaligus ketua Jurusan Administrasi Bisnis – Agus Fitri Yanto, SE, MM menjelaskan, “Kita selalu berusaha memfasilitasi mahasiswa untuk menghasilkan karya yang tidak biasa tapi harus berani luar biasa, sala hsatunya melalui Tugas Akhir mahasiswa. Karya Seto ini salah satunya. Menjadi pioner baru dan layak digunakan,” tandas Agus.

Agus menambahkan mungkin keliahatannya aneh mahasiswa Administrasi Bisnis tapi membuat karya yang berbau teknologi informasi. “Inilah bedanya! Di Jurusan Administrasi bisnis, mahasiswa dibekali kompetensi bidang manajemen dan administratif. Tapi mereka juga dibekali kompetensi keahlian di bidang teknologi informasi yang kalau dipadu padan maka akan bisa menghasilkan karya fenomenal,” ungkapnya lebih lanjut.

Terkait pengembangan ke depan, saat ditemui di Polsa, mantan ketua BEM Polsa ini menegaskan, “Angan-angan saya, ini menjadi awal untuk bisnis pengembangan aplikasi berbasis android. Apalagi saat ini saya tinggal menunggu wisuda.” (*)

Related posts

Leave a Comment