Mahasiswa D3-AB POLSA Launching Produk di CFD Purworejo

Purworejo – Car Free Day (CFD) Purworejo yang dilaksanakan setiap hari Minggu pagi, selalu menjadi arena bagi masyarakat untuk olah raga, jalan-jalan atau bahkan sekedar bersantai bersama keluarga maupun teman. Tidak mengherankan jika gelaran yang berlangsung di sepanjang jalan Mayjend Soetoyo ini selalu dipadati oleh pengunjung. Suasana meriah di akhir pekan ini semakin berwarna dengan kehadiran para pelapak yang menjual makanan, minuman, fashion maupun pernak-pernik lainnya.

Tidak ingin melewatkan kesempatan, mahasiswa D3 Administrasi Bisnis (D3-AB) POLSA memanfaatkan CFD untuk meluncurkan berbagai produk hasil praktikum kewirausahaan.

“Kegiatan tersebut bagian dari perkuliahan praktek kewirausahaan. Jadi selain teori di kelas, mahasiswa dituntut untuk benar-benar terjun secara langsung. Jadi kompetensi dalam merencanakan usaha, membuat produk hingga memasarkannya menjadi benar-benar terasah,” ungkap Agus Fitri Yanto, SE, MM – Kaprodi D3-AB sekaligus Dosen Pengampu mata kuliah Praktek Kewirausahaan.

Dijelaskan pula bahwa produk karya mahasiswa tersebut merupakan luaran dari ide-ide kreatif mereka dalam menginovasi produk agar menarik dan lebih mampu diminati konsumen.

“Program terpadu kewirausahaan ini secara tidak langsung merupakan bentuk penerapan ilmu manajemen pemasaran, manajemen keuangan, komunikasi bisnis, manajemen periklanan dan lainnya,” tegas Agus.

Alih-alih Tugas Kuliah, Justru Peroleh Laba

Dosen yang juga menggeluti bisnis fashion ini menerangkan bahwa program itu mampu meningkatkan daya tarik mahasiswa untuk menekuni dunia bisnis. “Produk\-produk mereka cukup layak untuk dipasarkan. Sehingga tidak mengherankan jika walaupun berawal dari tugas kuliah, mereka justru akhirnya mampu menghasilkan laba yang pantastis,” ungkapnya bangga.

Ayu, mahasiswa D3-AB POLSA yang memproduksi camilan dengan merek “Bang Oyan” berharap walaupun nantinya perkuliahan Kewirausahaan telah selesai, kedepannya semangat mahasiswa berwirausaha harus terus tumbuh. “Karena itu merupakan bekal dalam menghadapi pasar bebas dimana persaingan semakin ketat. Dengan berwirausahalah mahasiswa dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri,” jelas mahasiswa yang produknya sudah beberapa kali laris manis saat dipasarkan. (*)

Related posts

Leave a Comment