Rekrutmen Sekretaris Desa 2017 : ALUMNI D3-AB BERKOMPETEN & SIAP MENGABDI!

Sesuai amanat UU tentang Desa, Tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Purworejo membuka seleksi pengisian Sekretaris Desa. Hal ini ditandai dengan sudah dimulainya pendaftaran calon Sekdes di berbagai wilayah. Pengisian ini mendesak dilakukan lantaran sejumlah sekdes PNS ditarik ke pemerintah kabupaten.

Sebagaimana dilansir dari Sorot Purworejo, data dari Dinpermasdes Kabupaten Purworejo, setidaknya ada 285 Sekdes di Purworejo yang belum terisi. Jumlah tersebut masih bisa bertambah dengan adanya beberapa sekdes non PNS yang purna tugas maupun mengundurkan diri.

Menanggapi hal ini, Kaprodi Administrasi Bisnis Politeknik Sawunggalih Aji (POLSA) Kutoarjo – Agus Fitri Yanto, SE, MM menyampaikan bahwa keberadaan seorang Sekretaris Desa sangatlah penting. “Keberadaan dan kinerja seorang Sekdes menjadi salah satu tolok ukur kinerja pelayanan kepada masyarakat di tingkat desa. Oleh karena itu pengisian posisi Sekdes yang kosong memang sudah menjadi suatu keharusan,” ungkap Agus.

Agus berharap proses seleksi pengisian Sekdes tahun 2017 ini dapat menghasilkan para Sekdes yang betul-betul berkompeten di bidangnya dan siap mengabdi di desa setempat. “Posisi Sekdes harus diisi oleh orang-orang yang berkompeten dan mampu menjalankan fungsi, tugas serta tanggung jawabnya sebagai salah satu pelayan masyarakat di tingkat desa,” tandasnya.

“Salah satu kompetensi yang sangat penting di posisi Sekdes adalah keahlian, ketrampilan dan kemampuan di bidang administratif sehingga mampu mendukung kerja-kerja desa secara optimal dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Oleh karena itu kami sangat mendukung jika alumni Polsa, khususnya dari prodi Administrasi Bisnis (D3-AB) untuk andil dan mengabdi di desa dengan ikut mendaftar sebagai Sekdes.

Diungkapkan pula bahwa alumni D3-AB Polsa sangat memiliki kompetensi di bidang administrasi, manajemen, pelayanan serta teknologi informasi dan komputer. Menurut Agus hal ini sangat menjadi bekal penting bagi mereka jika ingin mengabdi di desa sebagai Sekdes. “Dari beberapa informasi yang saya terima, banyak alumni D3-AB Polsa mendaftar sebagai Sekdes. Saya yakin dengan keterlibatan SDM muda dari Alumni D3-AB Polsa di desa, mampu mendukung tumbuh kembang desa-desa di Purworejo ke depan,” tandasnya. (af)

Related posts

Leave a Comment