Sasar Pasar Minuman Instan, Mahasiswa Polsa Padukan 3 Bahan Alami

Kutoarjo – Dimulai dengan modal terbatas, bukan berarti mengurangi semangat untuk menciptakan produk yang tidak biasa. Sekelompok mahasiswa ini membuktikan diri bukan sebagai mahasiswa Kupu-Kupu (Kuliah Pulang, Kuliah Pulang – red). Berbekal pengetahuan seputar bisnis khususnya dari mata kuliah kewirausahaan, dengan kreatifitasnya mereka berhasil memadukan tiga bahan alami menjadi karya produk yang inovatif.

Enam mahasiswa Politeknik Sawunggalih Aji (POLSA) Kutoarjo –  Ayunda, Revi, Dian, Maria, Tri, dan Sapto memadukan 3 bahan dasar menjadi produk yang berupa minuman instan berbentuk serbuk. Kunyit, Jahe, dan Temulawak dipadu menjadi satu dan dikemas menarik akhirnya mampu menembus pasar minuman instan. Adalah “Nirjawa” sebutan unik dari produk itu yang mudah diucap dan diingat. Nirjawa itu sendiri merupakan singkatan dari kunir (kunyit dalam bahasa Jawa), jahe, dan temulawak.

“Dengan bahan dasar yang sudah tidak asing khasiat masing-masing dari ketiga bahan tersebut. Tidak usah kawatir pahit karena ini (Nirjawa) sudah dicampur langsung dengan gula pasir,” ujar Ayunda, salah satu personel tim.

Dengan dimotori oleh Sapto Prihantoro – mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis (AB), Nirjawa saat ini sudah mulai dipasarkan di wilayah Purworejo. “Legalitas produk berbentuk P-IRT sudah lolos pada tahap penyuluhan, sehingga tidak diragukan lagi dalam waktu yang tidak lama akan masuk ke toserba maupun toko retail modern” jelasnya yang diberi mandat untuk mengelola usaha tersebut. Diutarakan pula oleh Sapto bahwa kesuksesan Nirjawa menembus pasar minuman instant alami ini tidak lepas dari dukungan penuh Dosen Pendamping – Boni Soehakso, SE, M.Si. (*)

(Koresponden : Sapri – Mahasiswa Semester V D3-AB POLSA)

Related posts

Leave a Comment