TEMBUS DUNIA KERJA PERBANKAN : MAHASISWA D3-AB PUPUS “TRAGEDI’ SELEKSI KERJA

Tidak jarang lulusan perguruan tinggi (PT) menjadi gamang ketika harus memasuki dunia kerja. Alih-alih segera mendapat pekerjaan, sering kali lulusan PT justru harus dihadapkan pada “tragedi” proses seleksi kerja. Proses seleksi  yang lebih banyak berujung pada kegagalan menjadi santapan para lulusan PT. Apalagi jika posisi atau lowongan kerja yang diinginkan merupakan posisi-posisi atau lembaga-lembaga favorit.

Dalam kondisi ini, persaingan saat seleksi kerja menjadi semakin tinggi dan prosentase lolos semakin kecil. Namun hal tersebut tidak terlalu menjadi kendala jika lulusan PT sebagai pencari kerja memahami strategi yang harus disiapkan. Hal ini disampaikan oleh Kaprodi D3 Administrasi Bisnis POLSA – Agus Fitri yanto, SE, MM di sela-sela acara Super Talkshow “Strategi Menembus Dunia Kerja Perbankan”. Acara talkshow yang dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Bisnis (HIMABI) POLSA ini diselenggarakan untuk memberikan bekal dan wawasan pada mahasiswa seputar dunia kerja perbankan.

Bertempat di Auditorium kampus POLSA pada Selasa lalu (27/09), talkshow diikuti oleh mahasiswa D3 Administrasi Bisnis, Akuntansi dan Teknik Informatika. Hadir sebagai nara sumber yaitu Nurul Hidayah, A.Md. – Customer Service Terbaik 2015 PT bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Kutoarjo.  Dengan kupas tuntas seputar seleksi kerja, acara ini sendiri diharapkan mampu memupus “tragedi” dan kegamangan dalam menembus dunia kerja, khususnya dunia perbankan nasional.

Dalam sambutannya, Wakil Direktur I POLSA – Danis Imam Bachtiar, S.E., M.M. menyampaikan bahwa untuk sukses menembus dunia kerja, seorang mahasiswa tidak cukup hanya dengan memiliki IPK di atas rata-rata.  Diutarakan oleh Danis bahwa membekali diri dengan berbagai kemampuan pendukung dan mau aktif berorganisasi akan sangat membantu dalam menghadapi seleksi kerja.

Dalam dialog yang dipandu oleh Penyiar Fortuna FM – Chacha, Nurul yang juga Customer Service Terbaik 2015 PT bank Rakyat Indonesia (Persero) kantor Cabang Kutoarjo mengungkapkan bahwa kemampuan personal yang dimiliki menjadi salah satu aspek penting untuk lolos seleksi kerja. Disampaikan pula oleh narasumber yang juga alumni D3 Administrasi Bisnis POLSA ini bahwa ketrampilan teknis sesuai bidang pekerjaan sangat diperlukan. Pelamar kerja juga dituntut memiliki kemampuan bahasa inggris, komunikasi, negosiasi, dan bisa bekerjasama dalam tim. (by : Gus Fit)

Related posts

Leave a Comment